Delete Abadi

Pernahkah terfikir di benak kalian bahwa file-file penting kita bisa dibajak orang lain sebab keteledoran kita?

Maksudnya begini, kadang kita sudah merasa aman telah "membumi-hanguskan" file-file privat kita. Lalu, tanpa ragu dan kikuk, flashdisk atau harddisk (plus Laptop or PC-nya) --misalnya-- kita jual, dengan asumsi di dalamnya sudah tak ada lagi file-file berharga kita.

Nah, di situlah sumber masalahnya!

Ada banyak software yang berfungsi untuk "membangkitkan kembali" file-file yang telah terkubur dan lenyap. Misalnya,  ada "Get Data Back", "UnDelete Plus", atau --meski tidak begitu hebat-- dalam paket  TuneUp Utilities 2009 terdapat "TuneUp Undelete", dan lain sebagainya.

Software-software semacam itu memang sangat positif, di satu sisi, namun di sisi lain, ia dapat dimanfaatkan untuk kepentingan-kepentingan tak bertanggung jawab.

Untuk kasus di atas, tentu saja privasi kita terusik. Bagaimana tidak, lha wong database or file-file privat kita bisa dinikmatin orang lain?!

Solusinya?? sebagai upaya preventif, teman-teman bisa memanfaatkan aplikasi Wiping untuk mendelete secara permanen. Saya menyebutnya, "Delete Abadi". Tentu saja, file yang didelete oleh Wiping tak bisa di-restore atau "dibangkitkan kembali". So, pikir-pikir dulu yah kalau mau delete...

Caranya?? Kalau softwarenya sudah diinstall, tinggal Klik Kanan file yang mau didelete, lalu pilih "Delete with wiping". Insya Allah, file itu tak kan bisa di-restore.

Semoga bermanfaat.

Kalau berminat, donwload softwarenya di sini.

wa-Allahu a'lam.

0 komentar:

 
©2009 bismiLLah | by TNB